Senin, 10 Januari 2011

Catridge Printer HP Macet

HEAD MACET,

Bagi pengguna printer HP cartridge 21,22,27,28 & sejenisnya mungkin anda pernah mengalami ngeprint tidak mengeluarkan tinta padahal tintanya masih ada, asalkan cartridge tersebut tidak blinking maka sangat memungkinkan untuk di perbaiki. Tapi jika sudah blinking itu tandanya anda musti beli cartidge baru.

Pada dasarnya saya aka mengelompokan menjadai 2 issue dalam gagal ngeprint :

1. Jika head cartridge di usapkan ke kertas secara memanjang dan tintanya
keluar secara memanjang pula berarti sirkulasi tinta bagus dan tidak terjadi macet di head dan masalahnya terdapat pada proses ngeprint dimana tintanya tidak cocok dengan cartidge dan tidak mau keluar, dan harus di lakukan penggantian tinta yang sesuai. Untuk pengosongan tinta pada cartridge dapat dilakukan dengan cara sederhana yaitu pake spin Mc. Cuci. Langkah-Langkahnya sebagai berikut:

a) Cartidge di bungkus pake 2 plastik kecil.
Plastik ke satu di letakan di bawah utuk penampungan tinta yang keluar dari head, rekatkan plastik kira2 sejarak 3-4 body dengan menggunakan isolatip. Setengah bagian isolatip nempel ke body dan setengahnya lagi ke plastik, trik ini supaya tidak ada celah udara yang keluar, balut bebarapa kali sampai OK. Dan plastik satu lagi di atasnya untuk jaga2 agar tinta tidak masuk lagi ke cartridge. Kemudian masukan kain lap secukupny ke tabung spin masukan cartidge tersebut dan spin selama 5-10 menit. Saya coba di berbagai posisi di tabung dan hasilnya tinta bisa keluar lewat head. Kecuali head mengadap ka atas lum pernah coba……

b) Langkah selajutnya buka plastik & bersihkan cartridge

c) Suntikan tinta yang sesuai untuk cartridge yang bersangkutan

d) Bungkus cartidge tersebut pake plastik dan ujung pastik masukan ke sedotan bekas suntikan.
e) Hisap udara di dalam plastik pake sedoatan sampai head mengeluarkan tinta, tujuannya untuk melancarakan aliran tinta dan memposiskan alat spray di dalam cartidge dengan benar. Setelah tinta keluar, lepas plastik, bersihkan, dan cartidge siap untuk di test . Poin ini sangat vital kadang kala orang sering salah claim cartridge sudah rusak walau sudah isi ulang padahal jika lakukan point ini mungkin bisa normal lagi.

2. Jika head cartidge di usapkan ke kertas secara memanjang dan tintanya tidak keluar secara memanjang berarti sirkulasi tinta di head macet. Sebelumny kita suntikan sedikit tinta ke cartidge untuk memastikan bahwa bahwa cartidge dalam keadaan isi. Langkah perbaikan sbg berikut :

a) Head bisa rendem sebentar pake air hangat untuk melarutkan gumpalan tinta, test usap pake kertas, kalo keluar tinta test print ato cleah head dulu trus print

b) Cara lain bisa lakukan cara 1.e diatas

c) Kalo masih gagal bisa lakukan cara pengosongan dan pengisian kembali seperti langkah-langkah 1 di atas

Semua ini pengalaman pribadi dan sudah test dalam 3 cartridge yang macet dan hasilnya Mak Nyooss!!


Sumber :http://www.icrawl.org/530732013-cartridge-hp-macet

Tidak ada komentar:

Posting Komentar