Kamis, 19 Juli 2012

Seberapa aman LinUx dari ViruS???

Banyak kalangan berpendapat bahwa dibandingkan dengan sistem operasi windows, sistem operasi Linux lebih aman dari serangan virus. Sebenarnya apa yang membuat Linux mendapat predikat sistem operasi ter-aman?dan benarkah Linux memang aman dari virus??

Dari beberapa sumber yang saya peroleh, untuk sumber pertama yang berpendapat bahwa Linux aman dari virus mengemukakan alasan bahwa ada 3 hal yang menjadikan Linux aman dari virus komputer.
Pertama adalah karena jumlah virus yang dibuat untuk Linux sangat jauh lebih sedikit dibandingkan virus untuk sistem operasi lainnya, seperti Windows. Mikko Hyppönen, seorang pakar virus dunia, menyebutkan bahwa jumlah virus Linux di dunia ini hanya sekitar 30 virus. Jumlah ini sangat sedikit sekali bila dibandingkan dengan virus Windows yang mencapai sekitar 140.000 virus dan jumlahnya terus bertambah seiring banyaknya orang yang berminat untuk membuat virus Windows. Dilihat dari jumlahnya yang sangat banyak ini, tidak berlebihan apabila virus komputer yang ada sekarang disebut sebagai Virus Windows, bukan virus komputer.
Kedua yang menjadikan Linux jarang sekali dijamah oleh virus adalah prosedur akses di Linux yang tidak mengizinkan pengguna (user) melakukan log masuk (log in) sebagai root, atau yang dikenal juga dengan administrator, melainkan hanya sebagai pengguna biasa. Hal ini menjadikan Linux sangat sulit untuk disusupi dan dikendalikan oleh virus. Berbeda dengan Windows yang memungkinkan pengguna masuk dengan memiliki hak akses sebagai administrator. Keadaan ini tentu saja membuat virus komputer sangat mudah untuk menyusupi dan mengambil alih komputer.
Yang ketiga adalah karena sistem operasi ini dikenal dengan perkembangannya yang sangat cepat. Wajar saja apabila jumlah virus yang menginfeksinya sangat sedikit sekali karena sebelum sebuah virus diselesaikan oleh pembuatnya, sistem operasi yang akan diinfeksinya sudah berganti teknologi sehingga tidak memungkinkan untuk diinfeksi. Selain itu, karena didukung oleh banyak orang dan komunitas di seluruh dunia, Linux juga mampu memperbaiki celah-celah keamanannya dalam waktu singkat. Sehingga apabila ada virus yang menginfeksinya, sangat kecil kemungkinannya untuk bisa menyebar dan merusak sistem yang ada.
Dari 3 hal di atas, Linux ternyata tidak dapat dikatakan 100% bebas virus. Namun setidaknya lebih aman dari serangan virus dibandingkan dengan Windows.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar